Inilah Kupu-kupu Sayap Kaca dari Pegunungan Andes

Inilah Kupu-kupu Sayap Kaca dari Pegunungan Andes
AlianButterflyPark.com - Pada umumnya, kupu-kupu memiliki sayap yang beraneka warna dan indah, namun di daerah pegunungan Andes, terdapat kupu-kupu dengan sayap transparan alias bening seperti kaca.

Dalam bahasa Inggris, kupu-kupu sayap kaca sering disebut glasswing butterfly. Di Spanyol, kupu-kupu cantik tersebut dinamai espejitos, yang berarti cermin.

Kupu-kupu ini bila terkena sinar matahari, warna sayap serangga dengan nama latin Greta oto ini bisa berubah menjadi kuning, oranye, hijau, dsb. tergantung di mana kupu-kupu tersebut berada.

Mengapa Kupu-kupu ini terlihat transparan ?

Sebenarnya, semua jenis kupu-kupu bersayap transparan. Namun sayap transparan itu terdiri dari sisik-sisik yang memiliki pigmen warna tertentu, yang membuatnya berwarna sesuai dengan warna pigmen yang dikandungnya.

Kenapa dinamakan kupu-kupu transparan ? karena kupu-kupu sayap kaca ini memiliki sisik sayap yang tipis dan hampir tidak ada, sehingga terkesan bening seperti kaca/transparan

Selain unik dan indah, sayap transparan kupu-kupu sayap kaca berguna untuk mengelabuhi pemangsanya. Berkat sayapnya yang bening tersebut, pemangsa seringkali terkecoh dan tidak menyadari posisi si kupu-kupu.

Tak hanya itu, tubuh kupu-kupu sayap kaca berasa pahit karena banyak mengandung alkaloid (yang berasal dari nektar yang menjadi makanannya), sehingga pemangsa enggan memakannya.

Habitat Kupu-kupu Sayap Kaca

Kupu-kupu sayap kaca bisa ditemukan di Meksiko, Panama, Ekuador, Kosta Rika, Venezuela, Kolombia, Peru, dan Bolivia.

Serangga pemakan nektar tersebut hidup di hutan tropis Pegunungan Andes pada ketinggian 1400 meter.

0 Response to "Inilah Kupu-kupu Sayap Kaca dari Pegunungan Andes"

Post a Comment