10 Fakta Unik Tentang Kupu-kupu

10 Fakta Unik Menarik Tentang Kupu-kupu
AlianButterflyPark.com - Kupu-kupu yang terlihat cantik dan indah ternyata memiliki beberapa fakta unik dan menarik yang mungkin anda tidak tahu.

Di halaman ini, silakan simak 10 fakta unik dan menarik seputar kupu-kupu berikut ini:

Fakta 1
Dalam dunia serangga terdapat 165.000 spesies kupu-kupu.

Fakta 2
Kupu-kupu melihat dengan 12.000 mata. Mungkin anda kaget, apa benar kupu-kupu memiliki mata 12.000? Ya, memang benar kupu-kupu memiliki 12000 mata. Mata kupu-kupu disebut mata Majemuk, yaitu mata yang berbentuk seperti belahan bola, yang membengkak pada bagian atas kepala.

Fakta 3
Indera perasa kupu-kupu ada di kaki. Kupu-kupu dapat merasakan rasa daun dengan kakinya ketika hinggap di dedaunan. Kupu-kupu mengecek apakah daun itu cukup lezat untuk dimakan ulat (anak-anaknya) kelak setelah menetas apa tidak.

Fakta 4
Nama asli butterfly (kupu-kupu) adalah flutterby.

Fakta 5
Sayap kupu-kupu yang indah sebenarnya transparan, tetapi karena perbedaan kecerahan di setiap lapisan tipis sayapnya, sayap kupu-kupu menjadi terlihat berwarna-warni.

Fakta 6
Kupu-kupu merupakan serangga holometabola yang mengalami metamorfosis sempurna. Telur > Ulat > Kepompong > Kupu-kupu.

Fakta 7
Setelah menetas dari telur hingga menjadi kupu-kupu, ulat mengalami peningkatan besar tubuh sampai 27.000 kali.

Fakta 8
Beberapa kupu-kupu ada yang tidak pernah makan karena tidak punya mulut. Kupu-kupu tersebut bertahan hidup hanya dengan energi yang dikumpulkan ketika menjadi kepompong.

Fakta 9
Mata kupu-kupu berbentuk seperti belahan bola yang membengkak pada bagian atas kepala dan biasanya disebut mata majemuk, karena saat meneropong objek yang akan dilihatnya kupu-kupu menggunakan 12.000 mata terbuat dari ratusan mikroskopis, enam sisi lensa yang memungkinkan mereka untuk melihat ke segala arah secara bersamaan. Matanya digunakan dalam fokus yang tajam. Kupu-kupu dapat melihat sinar ultraviolet, yang oleh manusia tak terlihat. Aspek ini membantu mereka untuk mencari nektar pada bunga.

Fakta 10
Apa yang menjadi ciri dari kupu-kupu itu sedang berdiri? Ya, sayapnya tegak. Lihat saja saat kupu-kupu itu hinggap di atas daun atau bunga, pasti sayapnya berdiri. Jika saja saat berada di atas bunga, tapi sayapnya terbentang, berarti kupu-kupu itu belum menginjakkan kakinya di bunga. Melainkan terbang dengan jarak yang sangat dekat. [AlianButterflyPark.com]

0 Response to "10 Fakta Unik Tentang Kupu-kupu"

Post a Comment